Jadi Pelatih Belanda, Dick Advocaat: Saya Tidak Minta Pekerjaan Ini

By Admin


nusakini.com - Pelatih anyar timnas Belanda Dick Advocaat membantah klaim yang menyebutkan dirinya menginginkan posisi yang didudukinya sekarang ini. Advocaat mengaku tidak pernah mengajukan diri kepada Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) untuk menjadi pelatih Oranje.

Advocaat pada Selasa (9/5) kemarin resmi ditunjuk sebagai pengganti Danny Blind, yang didepak pada Maret lalu. Ia hanya dikontrak sampai kualifikasi Piala Dunia 2018 berakhir dan berpotensi terus diperpanjang jika mampu membawa Arjen Robben dkk. lolos ke Rusia. Ini ketiga kalinya Advocaat menjadi pelatih kepala Belanda setelah periode 1992-1994 dan 2002-2004.

Namun, penunjukan tersebut mendapat gunjingan dari direktur KNVB Jean-Paul Decossaux. Menurut Decossaux, Advocaat sengaja memohon kepada KNVB agar mendapat pekerjaan ini – sebuah tuduhan yang langsung ditepis oleh pelatih berusia 69 tahun itu.

“Tidak masuk akal jika saya berlutut [kepada KNVB] untuk mendapatkan pekerjaan ini. Saya tidak punya keinginan untuk menjadi pelatih timnas dan saya tidak melihat diri saya sebagai kandidat kuat,” kata Advocaat kepada De Telegraaf.

“Saya tidak masalah jika mereka mencari nama lain, tetapi hal itu terjadi. Mereka menunjuk saya,” imbuh pelatih yang pernah menukangi PSV Eindhoven, Sunderland, hingga Fenerbahce ini. (fft/om)